BELAJAR DAN PERUBAHANNYA

A. Teori Belajar


Belajar ? Belajar oleh sebagian pelajar diartikan hanya sekedar membaca buku dan berlatih soal. Namun apakah benar arti belajar hanya sekedar membaca buku dan berlatih soal? Walaupun tidak disangkal membaca buku dan berlatih soal adalah bagian cara belajar tetapi arti belajar lebih luas dari keduanya.

Banyak ahli yang membahas dan menemukan berbagai teori tentang belajar. Namun teori-teori belajar tidak hanya membahas cara seseorang belajar namun juga semestinya menemukan metode belajar yang baik dan menciptakan suasana kegiatan belajar itu sendiri. Usaha tersebut yang kami maksud adalah kegiatan mengajar, karena memang sejatinya kegiatan belajar tidak bisa dipisahkan oleh kegiatan mengajar.

Sadarkah anda bahwa dalam kehidupan kita kegiatan belajar mengajar adalah bagian kegiatan manusia yang paling pokok. Selama manusia masih hidup maka proses belajar akan terus dilakukan dan pasti dilakukan. Maka dari itu proses belajar adalah bagian terpenting dalam kehidupan, berhasil atau tidak pencapaian tujuan hidup manusia banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami manusia itu sendiri.

B. Pengertian Belajar

Timbul pertanyaan sebenarnya apakah pengertian belajar? Setiap orang mempunyai pandangan berbeda tentang belajar namun para ahli mendefinisikan belajar adalah 'usaha yang dilakukan seseorang untuk memahami sesuatu yang berakibat munculnya suatu perubahan sikap dan prilaku yang baru sebagai hasil pengalaman orang tersebut dalam berinteraksi dengan lingkungannya'.

Maka jika seseorang melakukan proses belajar akan muncul perubahan sikap dan prilaku yang baru, tetapi tidak semua perubahan dapat diartikan sebagai hasil proses belajar. Ini adalah ciri-ciri perubahan sikap dan prilaku yang dikategorikan sebagai hasil proses belajar:
  • Perubahan disadari oleh orang yang belajar.
  • Perubahan belajar terus berkembang dan membangun karakter
  • Perubahan yang terjadi bersifat positif
  • Perubahan yang terjadi bersifat aktif
  • Perubahan yang terjadi permanen dan tidak sementara
  • Perubahan yang terjadi memiliki tujuan dan terarah

B.1. Perubahan disadari oleh orang yang belajar

Seseorang yang belajar akan menyadari perubahan sikap dan prilaku, perubahan ini terjadi seiring pemahaman bahwa kebiasaan yang salah akan tahap demi tahap diperbaiki. Kesadaran tidak hanya pada perubahan kebiasaan tetapi juga sadar pengetahuan dan ketrampilannya semakin bertambah, sehingga dalam menyelesaikan masalah diupayakan sesuai dengan pemahamannya selama belajar.

Perubahan yang tidak disadari tidak termasuk dalam perubahan dalam pengertian belajar, karena orang yang belajar tidak memahami perubahan yang terjadi. Walaupun adakalanya belajar dari hal-hal yang tidak disengaja tetapi perubahan pasti disadari hanya saja proses pemahamannya melalui proses yang terbalik.

B.2. Perubahan belajar terus berkembang dan membangun karakter

Belajar menghasilkan perubahan yang terus berkembang dan membangun karakter seseorang dari apa yang dipelajarinya.Satu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berubahan berikutnya dan akan berguna dalam proses belajar selanjutnya. Karena perubahan terus berkembang maka sikap dan prilaku semakin menjadi karakter orang yang belajar.

Seorang anak pertama kali belajar membaca adalah dengan cara mengenal huruf, setelah mengenal semua huruf selanjutnya belajar mengeja kata hingga mampu membaca sebuah kalimat. Kemampuan ini terus berkembang hingga membaca dan kemampuan lainnya membuka cakrawala ilmu pengetahuan dalam proses belajar selanjutnya.

Tidak hanya ilmu pengetahuan saja, belajar merubah sikap dan prilaku menjadi sebuah karakter individu yang sesuai dengan pemahaman orang tersebut dalam belajar.

B.3. Perubahan yang terjadi bersifat positif

Dalam belajar terjadi perubahan yang positif artinya segala perubahan senantiasa bertambah dan tertuju pada keinginan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik, lebih cepat, ataupun lebih mudah. Bagaimana sebuah kinerja akan menghasilkan perubahan yang positif bila tidak melalui proses belajar. Dengan belajar seharusnya mengalami perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. sehingga semakin banyak belajar yang dilakukan semakin banyak prestasi yang terjadi.

B.4. Perubahan yang terjadi bersifat aktif

Perubahan tidak terjadi dengan sendirinya artinya ada usaha dari orang yang belajar untuk mau memahami apa yang sedang dipelajari dan melatih kembali kemampuan yang telah didapat. Dan sebaliknya perubahan juga bisa membuat orang yang belajar ingin memahami lebih luas dari apa yang diperolehnya sehingga perubahan yang terjadi dalam belajar akan selalu menjadi pendorong perubahan berikutnya.

B.5. Perubahan yang terjadi bersifat permanen dan tidak sementara

Kemampuan setelah belajar tidak akan mudah hilang begitu saja bahkan kemampuan akan makin berkembang jika terus dilatih atau selalu dipergunakan. Seorang pemain gitar akan terus memiliki kemampuan memainkan gitarnya, bahkan kecakapannya akan semakin bertambah jika terus dilatih. Tetapi jika jarang dilatih maka ibarat menghentikan proses belajar sehingga kemampuannya tidak berkembang walaupun kemampuan sebelumnya tidak hilang.

B.6. Perubahan yang terjadi memiliki tujuan yang terarah

Belajar pasti dilakukan untuk mencapai tujuan atau tingkat tertentu. Dengan adanya tujuan yang hendak dicapai dengan demikian belajar yang dilakukan menjadi terarah kepada pada tujuan yang telah ditetapkan. Proses belajar yang terarah kepada sikap dan prilaku tertentu yang benar-benar disadari akan membuat tujuan proses belajar akan mudah dicapai.

0 komentar: